Rabu, 20 Juli 2011

Wahana Tornado Macet, Ancol Minta Maaf

Tornado tiba-tiba berhenti saat pengunjung sudah naik di ketinggian 4-5 meter.

Wahana Tornado di Ancol (www.ancol.com)
Kejadian tak terduga terjadi di Dunia Fantasi (Dufan), Ancol, Jakarta Pusat, Rabu 20 Juli 2011 sore. Wahana permainan Tornado -- yang memacu adrenalin -- tiba-tiba macet saat mengguncang 15 orang. Meski tak ada koban jiwa, para pengunjung dibuat syok.

Menanggapi insiden itu, manajemen PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, sebagai pengembang dan pengelola kawasan wisata Ancol Taman Impian, mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengunjung akibat macetnya mesin mekanik di wahana itu.
Dijelaskan pihak Ancol, seluruh wahana Dufan telah memiliki prosedur operasi dengan standar internasional  "Sebelum Tornado di operasikan dilakukan daily checking, dan secara periodik dilakukan overhaul, karena itu Dunia Fantasi telah mendapat Sertfikasi ISO 9001 -2008," demikian penjelasan Humas PT Pembangunan Jaya Ancol, Ni Ketut Sofia Cakti dalam pesan singkat melalui Blakberry Masengger.

Walau keselamatan pengunjung menjadi perhatian utama, namun ketika terjadi pasokan listrik terputus maka sistem wahana akan berhenti secara otomatis.

Meski begitu, jelas Sofia, semua sistem keselamatan tetap berfungsi normal. Sistem pengamanan tubuh dan kunci pengaman manual tetap terkunci pada posisinya, yang hanya bisa dilepas dengan bantuan petugas.

Semua penumpang wahana diturunkan secara manual sesuai SOP oleh petugas, sebelum wahana bisa dihidupkan kembali dengan sumber listrik cadangan (genset). "Kami menyampaikan apresiasi mendalam kepada masyarakat yang memberikan perhatian sangat luas kepada kami," paparnya.

Insiden macetnya wahana Tornado terjadi pukul 18.00 WIB kemarin. Tornado tiba-tiba berhenti saat pengunjung sudah naik di ketinggian 4-5 meter dalam posisi miring. "Namun saat itu posisi bangkunya dalam keadaan terkunci, sehingga tidak ada pengunjung yang terjatuh," kata Kepala Polsek Pademangan Komisaris Polisi Ahmad David, Rabu malam. 

Polisi telah meminta pihak Dufan menghentikan operasional Tornado hingga batas waktu yang belum ditentukan guna kepentingan penyidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar