Kamis, 14 Juli 2011

Pembunuh Adik Presiden Afghanistan Digantung

Pembunuhnya adalah pengawal yang telah bekerja dengannya selama tujuh tahun.

Ahmed Wali Karzai, tewas dibunuh
Adik tiri Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Ahmed Wali Karzai, tewas dibunuh oleh orang dekatnya pada Selasa lalu. Pembunuhnya, langsung dihakimi dengan cara digantung di tengah kota.

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis, 14 Juli 2011, pembunuh Ahmed adalah salah satu pengawalnya yang bernama Sardar Mohammad. Diduga Ahmed dibunuh karena dituduh bekerja sama dengan agen intelijen AS, CIA.

Sardar yang telah bekerja selama tujuh tahun dengan Ahmed digantung pada tengah hari di sebuah gedung di pusat kota Kandahar. Sardar adalah orang kepercayaan Ahmed yang telah bekerja dengan dirinya selama tujuh tahun.

Pemakaman Ahmed di desa Karz dihadiri oleh Presiden Hamid Karzai, pemimpin suku dan pejabat pemerintahan. Pemakaman tersebut juga dihadiri oleh ratusan pendukung Karzai yang datang untuk mengucapkan belasungkawa.

Pihak militan Taliban mengklaim melakukan pembunuhan tersebut. Setelah pemakaman, Karzai mengatakan kepada para militan untuk menghentikan pembunuhan terhadap warga Afghanistan. "Membunuh itu mudah, semua orang bisa, namun lelaki sejati adalah mereka yang bisa menyelamatkan nyawa seseorang," kata Karzai.

Ahmed dikenal sebagai tangan kanan Karzai di Kandahar. Dia juga dikenal sebagai penguasa kecil di Afghanistan dengan pengaruhnya yang kuat. Banyak kabar yang beredar seputar usaha ilegalnya. Dia dikatakan sebagai bandar besar opium dan mengatur semua transaksi properti, komunikasi, keamanan dan transportasi di Afghanistan.

Taliban mengatakan Ahmed adalah boneka Barat dan mempunyai hubungan yang dekat dengan CIA. Bahkan badan intelijen ini menggaji Ahmed setiap bulannya. Ahmed membantah semua tuduhan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar